Bukan tanpa alasan saya mengganti template galuhristyanto.web.id. Beberapa hari yang lalu saya membaca artikel tentang Ciri-Ciri Themes WordPress Yang Seo Friendly, yang menyebutkan bahwa template juga berpengaruh dalam optimasi SEO. Akhir-akhir ini saya memberi perhatian lebih terhadap apa yang namanya SEO. Saya ingin galuhristyanto.web.id juga ramah dengan search engine, selain itu saya juga tergoda untuk ikut serta dalam kontes seo.  Kontes seo pertama yang saya ikuti adalah Kontes SEO Astaga!com, yang mengusung tema lifestyle on the net dan dengan keyword Astaga.com lifestyle on the net. Ini kedua kalinya saya mengikuti blog kontes. Saya ikut serta dalam Kontes SEO Astaga!com 8 hari sebelum menjelang berakhirnya kontes tersebut. Kalau dipikir-pikir, bukan hal mudah untuk masuk sepuluh besar di google.co.id dengan keyword pencarian Astaga.com lifestyle on the net dengan persaingan saat ini sekitar 3.880.000. Apalagi hanya dalam waktu 8 hari. Semoga saja ada keajaiban yang terjadi (amin).

Kontes sebelumnya yang saya ikuti adalah Kerja Keras Adalah Energi Kita yang diadakan oleh Pertamina. Kontes ini bukanlah murni kontes SEO. Kontes dari Pertamina inilah yang sebenarnya saya suka, karena tidak hanya menilai dari posisi di google tapi juga menilai dari sisi artikel, tampilan blog, dll. Tapi sayangnya saya kalah.

Melihat dari jejak-jejak para peserta kontes seo, mereka memperhatikan betul dalam optimasi seo onpage dan offpage. Selain itu, template juga perlu diperhatikan, apakah seo friendly atau bukan. Untuk memulai dalam belajar seo, saya coba memperhatikan template terlebih dahulu. Dari artikel Ciri-Ciri Themes WordPress Yang Seo Friendly, ada beberapa hal yang saya dapatkan tentang ciri-ciri template yang seo friendly :

  1. CSS tervalidasi. Untuk cek validasi CSS bisa dilakukan di http://jigsaw.w3.org/css-validator/.
  2. Markup (HTML, XHTML) tervalidasi. Untuk cek validasi Markup bisa dilakukan di http://validator.w3.org/.
  3. Mengenai heading.
    Heading H1 untuk title header. H2 untuk judul posting jika di homepage, sementara untuk single post normal font untuk title header dan H1 untuk judul posting. Sedangkan untuk title sidebar menggunakan H2. (Mungkin butuh pemahaman lebih untuk memahami tentang heading).
  4. Di footer (yaitu, bagian paling bawah) terdapat link yang menuju halaman depan atau halaman utama.
  5. Kolom dalam blog terdiri dari 2 atau 3 kolom, dengan sidebar yang berada di sebelah kanan. Artikel berada di sebelah kiri.
  6. Kecepatan loading yang responsif dan cepat dibuka bisa juga dikatakan sebagai ciri situs yang seo friendly. Tetapi sebenarnya lebih ke mudahnya pengunjung mengakses situs kita, terutama untuk pengunjung yang menggunakan koneksi lemot dalam mengakses situs kita.
    Tahun 2010 ini Google menambahkan faktor kecepatan situs dalam menentukan PageRank suatu situs. Selain untuk keperluan Google dalam perankingan, juga untuk membuat pengunjung betah berlama-lama mengunjungi situs kita, karena Google menyukai blog yang di sukai oleh pengunjungnya.
    Kecepatan loading situs tergantung dari berat tidaknya situs tersebut. Hal ini dipengaruhi oleh ramai tidaknya blog kita karena gambar atau widget yang kita pasang.

Dari keenam point diatas, saya mencoba menilai galuhristyanto.web.id yang saat itu menggunakan template lama (wp-chatter basic). Saya cek validasi CSS-nya di http://jigsaw.w3.org/css-validator/, hasilnya file CSS dianggap tidak ada. Lalu saya cek validasi Markup di http://validator.w3.org/, hasilnya banyak sekali error dimana-mana.

Point 3-5 saya abaikan, karena saya menganggap saja templatenya sudah benar. Lalu saya cek size galuhristyanto.web.id untuk menentukan kecepatan loading ketika dibuka. Saya googling untuk mencari situs yang bagus yang memberikan layanan pengecekan kecepatan suatu situs. Pada akhirnya saya temukan di www.linkvendor.com. Saya cek galuhristyanto.web.id, dan hasilnya size dengan HTML-nya pada saat itu sekitar 88 kB.

Saya coba bandingkan dengan blog lain yang cukup populer dan seo friendly. Blog tersebut ternyata jauh lebih ringan daripada galuhristyanto.web.id. Saya menyimpulkan itu dikarenakan tampilannya yang tidak terlalu ramai. Dan pada akhirnya saya berniat untuk mengganti template dengan template yang simple, ringan, dan tentu saja seo friendly.

Setelah keliling-keliling mencari template dan sempat juga tergoda ingin menggunakan template yang ramai, pada akhirnya pilihan saya jatuh pada template Cuteline, seperti yang saya pakai sekarang ini. Saya lebih suka menggunakan template dengan tiga kolom. Bukan karena ingin meramaikan blog, tetapi menurut saya lebih bagus dan lebih menarik.

Template Cuteline yang saat ini saya pakai tergolong simple, ringan dan seo friendly (mungkin). Saya cek validasi CSS di http://jigsaw.w3.org/css-validator/ tidak terdapat error, tergolong tervalidasi sebagai CSS level 2.1 (apa itu saya kurang begitu mengerti). Akan tetapi error muncul saat saya cek validasi Markup di http://validator.w3.org/. Sepertinya rata-rata blog orang lain yang cukup terkenal juga error. Dan untuk size, untuk saat ini sekitar 34.59 kB. Aku coba buka lewat komputer maupun HP (mobile browser) juga lumayan ringan. Langkah pertama dari target saya dalam mempelajari seo terpenuhi juga (semoga).

Sebenarnya saya ingin sekali menggunakan template Thesis seperti yang digunakan www.seobloggerinc.org. Tetapi ternyata template tersebut tidak gratis.

Pergantian template galuhristyanto.web.id, memberikan saya PR tersendiri. Selain mengganti template, saya juga berinisiatif untuk merubah strukturnya. Lebih memperhatikan tentang optimasi SEO.

Saya juga mengganti permalink. Saya mengerti, dengan mengubah permalink akan berdampak buruk bagi galuhristyanto.web.id. Link yang sudah-sudah dan juga backlink-nya akan bermasalah. Jalan keluar yang saya ambil adalah me-redirect link artikel lama dengan menggunakan plugin redirection. Jadi ketika pengunjung masuk dengan link lama, akan di-redirect ke link yang baru. Sekitar 80 artikel saya redirect.

Selain itu saya juga berinisiatif untuk mengedit artikel yang sudah ada. Sekitar 80 artikel akan saya edit. Sepertinya akan jadi pekerjaan yang berat dan bodoh untuk dilakukan, tetapi mungkin akan bermanfaat untuk galuhristyanto.web.id ke depannya.

Sebagai tambahan, dari informasi yang pernah saya baca, sebaiknya jangan terlalu sering mengganti template, karena akan berpengaruh terhadap search engine dalam mengindeks blog kita. Pilihlah template yang menurut Anda sangat menyukainya (pilihan yang sulit bagi saya) sehingga kemungkinan Anda tidak akan sering-sering mengganti template blog Anda, dan kalau bisa perhatikan juga keenam aspek di atas untuk masalah optimasi SEO.

Pergantian template ini baru pertama kalinya saya lakukan pada galuhristyanto.web.id dengan tujuan untuk optimasi SEO.

Untuk kedepannya, saya ingin berbagi informasi dari jejak-jejak saya mempelajari SEO melalui galuhristyanto.web.id. Kemungkinan banyak artikel yang saya buat yang merujuk pada referensi karena saya sendiri belajar melalui referensi-referensi yang ada.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • mkasih atas infonya sekalian mo tanya ni mas apakah mengganti template pada blogger akan berpengaruh pada page rank..? misal blog yg mau gnti tmpalate itu dah PR 3

    • Tidak. PageRank dipengaruhi oleh backlink, bukan pada template.

  • apabae

    nyimak dolo ah gan..

  • Temenku juga dah berkali-kali nyuruh ganti template. ehm….coba ah ikutan ganti template.

  • Wah baru tau, kalo ada template yang g lolos cek kesatu ya…. ???? hehehe… :silau:

    • Kalau blog kita, kita beri macam-macam widget atau menambah script ke dalam template biasanya memang kalau dicek validasi CSS-nya jadi terdapat error mas. Tapi Kalau bisa error-nya jangan di bagian yang penting dan jangan terlalu banyak.

      Dulu waktu blog ini menggunakan tempate yang bukan template saat ini, tingkat error-nya banyak. Pengaruhnya pada peng-index-an Google mas. Pengunjungnya dikit banget yang dari search engine. Begitu template-nya saya ganti dan mengurangi widget sana-sini, jadi kebanjiran pengunjung dari search engine. Artikel-artikel lama jadi laris pengunjung dari search engine.

  • halyangkusuka.tk

    :silau: artikel yang bermanfaat,,, thanks……kunjungi, yaw

  • darahbiroe

    hmmm
    tengkyu yaw
    😀

  • Ek4zone

    Template ternyata ngaruh juga ya mas, sama SEO. makasih yach infonya.

  • cah ndeso

    selamat malam Mas
    mengawali kunjungan dari Lereng Muria 😀

    Sepertinya sama nih. Asal dari lereng Muria. Kudusnya sebelah mana Mas?

    • Malam juga. Blogger dari kudus mulai bermunculan neh dan juga mulai banyak blogger dari Kudus yang saya kenal.
      Salam kenal mas :shakehand2
      Saya Kudusnya deket Simpang 7. Klo masnya?