Berbicara Tentang Gugling.com

Gugling.com not related to Google.com or its affiliate at all.

Saya buat quote diatas mengingat kasus yang pernah menimpa www.sony-ak.com yang dikasuskan karena penggunaan nama domain yang mengandung nama domain dari Sony Inc.

Nama domain Gugling.com saya rasa tidak memiliki ciri khas. Orang yang mendengar pasti langsung mengira kalau domain Gugling.com ingin meniru nama Google. Sebenarnya sah-sah saja, karena di dunia bisnis ada yang namanya ATM, “Amati, Tiru dan Modifikasi”. Saya pribadi menilai penggunaan nama Gugling.com ini tentunya menggunakan konsep ATM pada perusahaan Google. Dari nama Gugling mengidentifikasikan sebagai kegiatan mencari informasi lewat search engine Google. Mungkin dari nama Gugling itu sendiri, sang admin ingin menyediakan informasi yang banyak dicari orang lewat Google, sehingga orang tak perlu harus mencari lewat Google, tapi informasi yang dicari bisa didapatkan di Gugling.com.

Gugling.com  Berbicara Tentang Gugling.com

Berbicara Tentang Gugling.com Mengenai Struktur Category

Sebelum lanjut lebih jauh, saya perkenalkan terlebih dahulu apa itu Gugling.com. Gugling.com merupakan sebuah blog portal yang menyajikan beragam informasi terkini. Informasi yang disajikan Gugling.com bervariatif seperti berbicara mengenai topik 18+, humor, ulasan teknologi, tips & trik, kuliner, dll. Tapi sayangnya, dalam mengkategorikan setiap artikel yang ada tidak sesuai dengan topik yang ada. Misalnya artikel 7 Trophy Piala Dunia Dicuri!. Artikel ini dikategorikan sebagai “dalam negeri” dan “mancanegara“. Alangkah lebih baik jika dikategorikan ke dalam “Sepak Bola” misalnya. Dengan begitu orang yang ingin mendapat informasi mengenai sepak bola akan lebih mudah mencari ke dalam kategori “sepak bola” dari pada harus mencari ke dalam kategori “dalam negeri” atau “mancanegara”.

Berbicara Tentang Gugling.com Mengenai Tampilan

Healine Corner 150x150 Berbicara Tentang Gugling.comHampir terlupa tentang yang satu ini. Entah kenapa warna ungu sekarang banyak yang menyukai untuk dipakai sebagai background warna situs. Gugling.com pun tak ketinggalan. Warna ungu cerah memang membuat tampilan terasa nyaman untuk dilihat. Selain itu penempatan sidebar-nya sangat teratur. Yang saya suka adalah Headline Corner, seperti gambar disamping contohnya. Adanya semacam headline corner ini memberikan rekomendasi bahwa artikel tersebut patut untuk dibaca.

Berbicara Tentang Gugling.com Mengenai Content

Meskipun tidak bisa disandingkan dengan portal-portal kelas wahid seperti Vivanews, Okezone, Astaga!, dll; Gugling.com yang lebih merujuk pada blog portal tentu memiliki ciri khas dan nilai plus tersendiri. Dari segi content misalnya. Content yang disajikan Gugling.com cukup menarik dan informatif, tidak kalah dengan portal lainnya. Itu sajalah mengenai content. Saya gak bisa terlalu berkomentar banyak tentang content.

Berbicara Tentang Gugling.com Mengenai Yang Saya Suka

Dari apa yang disajikan oleh Gugling.com, yang paling saya suka adalah topik tentang humor. Itung-itung bisa bikin kita senyum-senyum sendiri dan ngilangin stres sejenak dengan baca-baca artikel terkait dengan humor. Salah satu artikel tentang humor yang saya suka yaitu TIPS : Menghadapi wawancara dalam Bahasa Inggris. Saya kira artikel ini benar-benar ngasih tips, eh ternyata saya malah dibuat senyum-senyum sendiri. Ada-ada aja neh yang bikin humor. Wah, kalau SEO untuk artikel ini ditingkatin pasti banyak yang terkecoh saat menemukan artikel ini di search engine. Sebab judul dengan isinya gak nyambung banget. Tapi cukuplah buat menghibur.

Berbicara Tentang Gugling.com Mengenai Aksesibilitas

Kemudahan akses terutama mengenai kecepatan untuk mengakses juga berpangaruh terhadap minat pengunjung terhadap blog/situs kita. Blog/situs kita jika berat untuk diakses tentunya akan membuat siapa saja yang mengaksesnya jadi malas untuk menunggu blog/situs kita tampil keseluruhan. Kalau sudah kayak gini, biasanya pengunjung tak mau berlama-lama menunggu, pastinya akan langsung meng-close blog/situs kita. Tentunya hal ini akan memberikan penilaian kurang terhadap blog/situs kita.

Kecepatan akses ini memang tidak akan terasa bagi pengunjung yang akses internetnya terbilang cepat, tapi bagaimana jika akses internetnya yang lambat? Oleh karena itu kecepatan akses suatu situs memang perlu diperhatikan.

Dari segi ini, saya mencoba memberikan pernilaian Gugling.com terhadap kecepatan dalam mengakses halaman Gugling.com. Untuk mengujinya, saya menggunakan bantuan layanan Webiste Speed Test dari www.linkvendor.com. Berikut hasil pengujian kecepatan akses Gugling.com yang saya lakukan pada 07 Juni 2010 sekitar pukul 06.00 WIB.

Speed Gugling.com 07 Juni 2010 pukul 06.00 Berbicara Tentang Gugling.com

Speed Gugling.com (07 Juni 2010 pukul 06.00)

Dari gambar diatas, tercantum kecepatan rata-ratanya 3.6 detik, ukuran Gugling.com dengan HTML 69.36 kB, dan ukuran Gugling.com tanpa HTML 12.58 kB. Memang kalau tidak begitu mengerti akan sulit memahaminya. Berdasarkan data tersebut, saya menyimpulkan bahwa kecepatan akses Gugling.com berada di posisi kecepatan rata-rata baik. Tidak terlalu berat, tapi cenderung ringan untuk diakses. Apalagi saat ini saya menggunakan akses internet yang lambat. Tidak butuh waktu yang terlalu lama untuk membuka halaman keseluruhan dengan sempurna.

Untuk penilaian kecepatan akses ini, saya memberi nilai untuk Gugling.com dengan nilai 8.

Berbicara Tentang Gugling.com Cukup Sampai Disini

Cukup sampai disini review yang bisa lakukan terhadap blog portal Gugling.com. Jika dirasa artikel ini bagus, mohon rate-nya. Terima kasih.

Saya merekomendasikan untuk mensubscribe atau berlangganan artikel Gugling.com lewat email, karena artikel-artikel yang disajikan menarik. Berbeda dengan portal lainnya.

Posted in: Blogging, Kompetisi

10 Comments

  1. hai mas galuh. Thanks yeah atas ucapannya. I really appreciate it.

    sebenarnya review ini lebih komplit dari pada tulisan saya. jadi harusnya bisa juara favorit juga bagi yang doyan sama informasi komplit. hehehe

  2. mr.bedel says:

    salam kenal bhro…
    ini kunjungan pertama ane…
    reviewnya bagus,, semoga melalui kontes ini kita bisa menjalin silaturahmi ya
    salam sukses!
    :2thumbup

  3. saka says:

    terima kasih dukungannya mas, saya dukung balik deh :D
    sala kenal dari semarang

  4. Nias Zalukhu says:

    Reviewnya bagus.. good luck ya.. and keep blog in good spirit.

Leave a Reply