Seperti social networking lainnya (Friendster, Twitter, Plurk), Facebook juga dapat diubah tampilannya. Untuk mengubah tampilan Facebook, Anda diwajibkan memakai browser Mozilla Firefox dan cara ini memang berhasil tapi ada tapinya. Alasannya nanti akan sedikit saya bahas. Langsung saja, berikut cara untuk mengubah tampilan Facebook. 

  1. Siapkan Mozilla Firefox (maksudnya gunakan Mozilla Firefox).
  2. Install Add-On Stylish ke dalam Firefox. Bisa juga download di www.ziddu.com/download/7327382/stylish1.0.7.zip.html. Saat artikel ini ditulis, Add-On Stylish sudah sampai pada versi 1.0.7
  3. Aktifkan dan tambahkan source pada Add-On Stylish, buka menu Tools pada menubar Firefox –> Add-ons –> User Stylish.
    User Stylish
  4. Pilih menu Write New Style .
  5. Pada Name isikan Facebook atau terserah (untuk penamaan style saja). Untuk Tags bisa dikosongkan atau diisi juga boleh.
  6. Dibawah terdapat kolom kosong, disinilah nantinya source code template facebook diletakkan. Untuk mendapatkan source code template Facebook, masuk ke http://userstyles.org/styles/browse/app.
  7. Pada Search for isikan facebook, dan pada in ganti menjadi all styles, lalu klik search atau enter.
    Search for Facebook on App Styles
  8. Setelah itu muncul koleksi template yang ada. Pilih template yang ada.
  9. Klik Show Code untuk melihat source code template. Lalu copy source code tersebut.
    Save Source Code
  10. Paste-kan source code tersebut pada kolom kosong di New Style tadi. Kemudian Save.
  11. Selesai sudah cara mengubah tampilan Facebook. Coba buka Facebook dan login. Di bawah ini tampilan Facebook saya yang telah saya ubah.
    Facebook (Home)Facebook (Profile)

Seperti janji saya untuk membahas diwajibkannya menggunakan Firefox dan cara ini berhasil tapi ada tapinya, begini nih ceritanya. Facebook sebenarnya belum menyediakan apps atau menu untuk mengubah tampilannya. Berbeda seperti Friendster, Twitter, atau Plurk yang sudah menyediakannya. Untuk mengubah tampilan Facebook, dilakukan dengan bantuan Firefox, dengan menambahkan source code pada Add-On Stylish.

AddOn Stylish sendiri merupakan AddOn pada Firefox yang dapat mengubah style web. Dengan AddOn Stylish, Anda akan dengan mudah mengubah tema untuk Google, Facebook, YouTube, Orkut, dan banyak situs lainnya. Anda bahkan dapat megubah tampilan Firefox (seperti tampilan Firefox saya sekarang). Cara kerjanya yaitu dengan menambahkan Source Code style seperti tadi kita mengubah tampilan Facebook. Source Code tersebut dapat diperoleh di http://userstyles.org/styles/browse/app.

Yang perlu diperhatikan, berubahnya tampilan style web pada Facebook hanya berlaku jika menggunakan Firefox yang telah kita tambahkan style pada AddOn Stylish. Selain itu, tampilan Facebook yang telah diubah hanya bisa dilihat oleh komputer kita sendiri karena saat membuka Facebook, Firefox mengeksekusi source code yang telah ditambahkan tadi yang hanya terdapat pada Firefox yang kita gunakan. Jika orang lain melihat Facebook kita dengan komputer lain, orang lain tidak akan melihat tampilan Facebook kita yang berubah. Inilah kekurangannya. Meskipun begitu, kita cukup dibuat senang dengan tampilan baru Facebook kita meski orang lain tidak bisa melihatnya.

Kekurangan yang lain yaitu, Facebook kita jadi terasa berat. Bukan berat saat masuk ke Facebook, tapi berat saat kita melakukan scroll (ke bawah  atau ke atas) atau saat melihat siapa yang online atau melihat notifikasi (kira-kira begitulah).

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • io

    siph ,,, mksih info’a

  • M3x0z

    Maju terus lah pokok e?
    and tgg kedatangan ku.