Yang perlu Anda lakukan setelah web/blog Anda jadi adalah mendaftarkan web/blog Anda ke search engine. Hal ini perlu dilakukan agar web/blog Anda terindeks ke search engine dan dikenal oleh banyak orang, syukur-syukur web/blog Anda terindeks nomor satu di search engine sehingga saat user sedang mencari informasi lewat search engine, web/blog Anda lah yang dituju karena web/blog Anda berada di posisi pertama yang dipercaya web/blog Anda lah yang memberikan informasi yang dicari oleh user. Untuk menjadi nomor satu di search engine pun ada ilmunya, yaitu SEO (Search Engine Optimization). 

Mendaftarkan web/blog Anda, sama saja Anda melakukan promosi terhadap web/blog Anda. Bagaimana web/blog Anda mau dikenal jika web/blog Anda tidak Anda promosikan? Untuk mempromosikan web/blog Anda, tidak hanya dengan cara mendaftarkannya ke search engine. Akan tetapi promosi lewat search engine merupakan cara jitu dan wajib bagi para internet marketer.

Banyak sekali search engine saat ini. Akan tetapi disini saya hanya membahas cara mendaftarkan web/blog ke search engine Google dan Bing.

Mendaftarkan Web/Blog ke Google

Google AddURL

  1. Masuk ke alamat www.google.com/addurl
  2. Masukkan URL web/blog ke kolom isian URL
  3. Kolom isian Comments, bisa diisikan dengan deskripsi web/blog Anda
  4. Masukkan text/karakter yang muncul di kolom isian yang tersedia
  5. Kemudian klik Add URL

Mendaftarkan Web/Blog ke Bing

Bing URL Submission

  1. Masuk ke alamat www.bing.com/docs/submit.aspx
  2. Masukkan text/karakter yang muncul di kolom isian Characters
  3. Masukkan URL web/blog ke kolom isian Type the URL of your homepage
  4. Kemudian klik Submit URL

Setelah mendaftarkan web/blog Anda, sekarang yang perlu Anda lakukan adalah menunggu Google dan Bing mengindeks web/blog Anda. Sudah atau belumnya web/blog Anda terindeks, Anda bisa melakukan test dengan cara memasukkan URL web/blog Anda di Google dan Bing.

Contohnya, masukkan keyword galuhristyanto.web.id (gunakan tanda petik diantara URL web/blog Anda agar keyword yang Anda inputkan lebih spesifik). Jika ada hasil dari pencarian dengan keyword URL Anda, berarti web/blog Anda sudah terindeks oleh Google dan Bing.

Dari pengalaman saya, web/blog saya yang saya daftarkan di Google, terindeks sekitar 2 hari. Sedangkan di Bing terindeks sekitar 4 hari. Sebenarnya, Anda tidak mendaftarkan web/blog Anda pun Google dan Bing akan mengindeks web/blog Anda, akan tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama. Tergantung kapan GoogleBot atau MSNBot akan mampir ke web/blog Anda, bisa juga GoogleBot atau MSNBot tidak sempat mampir ke web/blog Anda.

Tambahan

Jika menggunakan WordPress sebagai mesin blog Anda, saya rasa Anda tidak perlu mendaftarkan web/blog Anda ke Google, nantinya juga akan terindeks dengan sendirinya. Bahkan terindeksnya tidak membutuhkan waktu yang lama. Dari pengalaman saya, saya pernah membuat blog baru dengan mengguankan WordPress. Tidak begitu lama, sekitar setengah hari (12 jam), blog saya tersebut sudah terindeks ke Google. Padahal belum ada artikel yang saya posting, hanya artikel Hello World bawaan WordPress.

Mendaftarkan Web/Blog ke Yahoo!

Saya tidak memberikan cara mendaftarkan web/blog di Yahoo! karena proses mendaftarkan web/blog di Yahoo! terbilang rumit (alhamdulillah galuhristyanto.web.id susah terindeks di Yahoo!). Adapun syarat untuk mendaftarkan ke Yahoo!, yaitu harus memiliki account email di Yahoo!. Selain itu, terindeks di Yahoo! pun sangat lama.

Jika Anda ingin mencoba mendaftarkan web/blog Anda di search engine Yahoo!, Anda bisa mengunjungi alamat .

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • Sangat bermanfaat, hidup blogger indonesia.. terus berkarya dan berbagi..

  • adiparmono

    Terimaksih atas informasinnya, karena sangat bermanfaat dan kesuksesan blog/web. Sukses slalu…