Mempercepat Koneksi Internet

speed meter 296x300 Mempercepat Koneksi InternetDi artikel ini saya sedikit berbagi tips mengenai beberapa hal yang biasanya saya lakukan untuk sedikit Mempercepat Koneksi Internet. Sebenarnya tidak bisa dikatakan mempercepat, karena meningkatnya koneksi tergantung pada alat (modem), sinyal atau jaringan, dan paket koneksi internet yang kita pakai.

Cara saya dan mungkin banyak teman-teman sudah lakukan untuk mempercepat koneksi internet ini sebenarnya lebih ke meningkatkan page load (me-load halaman web) saat kita browsing atau bisa dikatakan memonopoli bandwidth. Cara yang saya lakukan yaitu meliputi tweaking browser dan juga pemakaian tool tambahan. Dan cara ini bisa digunakan untuk koneksi internet apapun.  

Berikut cara Mempercepat Koneksi Internet yang biasanya saya lakukan:

Tweak Registry

  1. Start –> Run
  2. Ketikkan “regedit” –> OK
  3. Cari alamat HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/Current ControlSet/services/Tcpip/ServiceProvider
  4. Di direktori ServiceProvider ubah nilai berikut:
    - DnsPriority = 1
    - HostsPriority = 1
    - LocalPriority = 1
    - NetbtPriority = 1
  5. Restart komputer

Mengubah Bandwidth pada Windows

  1. Start –> Run
  2. Ketikkan “gpedit.msc” –> OK
  3. Pada Computer Configuration, pilih Administrative Templates
  4. Klik Network –> QoS Packet Scheduler
  5. Pada window sebelah kanan, double klik limit reservable bandwidth
  6. Ubah setting menjadi enabled
  7. Ubah bandwidth limit (%) menjadi 0 (nol)
  8. OK

 

Tweak Mozilla Firefox

Mozilla Firefox 150x150 Mempercepat Koneksi InternetRekomendasi: gunakan versi Mozilla Firefox yang paling baru, karena selain lebih cepat juga lebih aman dari versi yang lama.

  1. Jalankan Mozilla Firefox
  2. Pada address bar ketikkan about:config
  3. Set konfigurasi seperti berikut ini:
    Untuk pengguna DSL :
    -
    Set “network.http.pipelining : true”
    -
    Set “network.http.proxy.pipelining : true”
    -
    Set “network.http.pipelining.maxrequests : 64?
    -
    Klik kanan, pilih New –> Integer, beri nama “nglayout.initialpaint.delay”. Beri nilai 0 (nol)

    Untuk pengguna ADSL (contoh yang menggunakan ADSL: modem Speedy) :
    -
    Set “network.http.max-connections : 64“
    -
    Set “network.http.max-connections-per-server : 21“
    -
    Set “network.http.max-persistent-connections-per-server : 8“
    -
    Set “network.http.pipelining : true”
    -
    Set “network.http.pipelining.maxrequests : 100“
    -
    Set “network.http.proxy.pipelining : true”
    -
    Klik kanan, pilih New –> Integer, beri nama “nglayout.initialpaint.delay”. Beri nilai 0 (nol)

    Untuk pengguna Dial Up (contoh yang menggunakan Diap Up: modem (pada umumnya) dan HP modem):
    -
    Set “browser.cache.disk_cache_ssl : true”
    -
    Set “browser.xul.error_pages.enabled : true”
    -
    Set “network.http.max-connections : 32“
    -
    Set “network.http.max-connections-per-server : 8“
    -
    Set “network.http.max-persistent-connections-per-proxy : 8“
    -
    Set “network.http.max-persistent-connections-per-server : 4“
    -
    Set “network.http.pipelining : true”
    -
    Set “network.http.pipelining.maxrequests : 64“
    -
    Set “network.http.proxy.pipelining : true”
    -
    Set “plugin.expose_full_path : true”
    -
    Set “signed.applets.codebase_principal_support : true”
    -
    Set “content.max.tokenizing.time : 3000000“
    -
    Set “content.notify.interval : 750000”
    -
    Klik kanan, pilih New –> Integer, beri nama “nglayout.initialpaint.delay”. Beri nilai 0 (nol)
  4. Restart Mozilla Firefox

Download Mozilla Firefox di www.mozilla.com/en-US/firefox/.

Tweak Opera

Opera Mempercepat Koneksi InternetRekomendasi: gunakan versi Opera yang paling baru, karena selain lebih cepat juga lebih aman dari versi yang lama.

Untuk koneksi internet yang sangat lambat, bisa menggunakan Opera 10 (atau yang lebih baru). Mulai Opera versi 10 ini, Opera memiliki fitur baru yaitu Opera Turbo yang dapat membantu meload page saat koneksi sedang down. Meski lambat tapi bisa meload satu halaman penuh.

Apa itu Opera Turbo?

Opera Turbo adalah optimasi di sisi server dan teknologi kompresi yang mempercepat transfer data dan mengurangi jumlah data yang harus didownload untuk melihat halaman hingga 80%. Di antara cara-cara lain, kompresi dicapai oleh gambar di-sampling oleh karena itu beberapa tingkat distorsi dalam grafis dapat terjadi.

[Opera.com]

Langkah-langkah tweak Opera:

  1. Jalankan Opera
  2. Pada address bar ketikkan “about:config” atau “opera:config”
  3. Klik Performance, dan ubah settingan berikut:
    - Max Connections Server = 10
    - Max Connections Total = 64
    - Network Buffer Size = 64
    - Check No Connection Keepalive
    - Check Non-Compliant Server 100 Continue
  4. Save
  5. Restart Opera

Tweak Internet Explorer

Internet Explorer 150x150 Mempercepat Koneksi InternetRekomendasi: gunakan versi Internet Explorer yang paling baru, karena selain lebih cepat juga lebih aman dari versi yang lama.

  1. Start –> Run –> ketik “regedit”
  2. Cari HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/Current Version/Internet Settings
  3. Pada sidebar kanan, isi nilai default dengan 10
  4. Restart komputer

Gunakan Safari Browser

Safari 150x150 Mempercepat Koneksi InternetRekomendasi: gunakan versi Safari yang paling baru, karena selain lebih cepat juga lebih aman dari versi yang lama.

Coba gunakan browser Safari keluaran dari Apple Inc. Sejak saya menggunakan browser Safari mulai dari versi 4.03 yang mengklaim sebagai browser tercepat di dunia (klaim sebagai browser tercepat di dunia juga dilakukan oleh browser Opera), memang browser Safari menampakkan keunggulannya dalam hal kecepatan. Tapi entah kenapa kecepatan Safari terasa cepat saat pertama kali instalasi, setelah sekian lama menggunakannya, lambat laun  kecepatannya tidak menentu, kadang cepat kadang biasa saja seperti browser lainnya.

Berdasarkan penjelasan fitur Safari dari websitenya, mulai di versi 4.03, Safari menggunakan Nitro Engine (kemungkinan digunakan untuk mempercepat koneksi internet) yang baru yang bekerja menjalankan JavaScript hampir 8 kali lebih cepat dari Internet Explorer 8 dan lebih dari 4 kali lebih cepat dibandingkan Firefox 3 berdasarkan kinerja dalam tes benchmark industri terkemuka: iBench dan SunSpider.

Selain unggul dalam kinerja JavaScript, Safari menawarkan kinerja HTML yang terbaik di platform apapun sehingga loading halaman web 3 kali lebih cepat dari Internet Explorer 8 dan Firefox 3.

Selain unggul dalam performance, Safari juga memiliki keunggulan dalam appearance-nya, salah satunya fitur History Search dan Bookmark 3D yang sangat cool. Akan tetapi dengan berbagai keunggulan tersebut kita harus membayarnya dengan menyediakan space harddisk yang cukup banyak untuk instalasi Safari dan penggunaan memori yang cukup banyak saat dijalankan.

Safari menurut saya kurang cocok untuk kegiatan blogging. Saya tidak bisa melakukan resize gambar dengan cara drag & drop di post box WordPress. Selain itu juga dukungan addOn (ekstensi) yang kurang yang biasanya menyertai para webmaster.

Download browser Safari melalui situs Apple di www.apple.com/safari/.

Gunakan Google Chrome (Rekomendasi)

Google Chrome Logo 300x285 Mempercepat Koneksi InternetRekomendasi: gunakan versi Google Chrome yang paling baru (yang stable), karena selain lebih cepat juga lebih aman dari versi yang lama.

Ada juga cara untuk tweaking Google Chrome, tapi saya tidak merekomendasikan. Saya pernah coba men-tweaking Google Chrome tapi beberapa hari kemudian settingan Google Chrome yang saya lakukan kembali reset sendiri. Bahkan extensions-nya hilang semua.

Belakangan ini saya menggunakan Google Chrome dan ternyata sangat memuaskan. Dari segi kecepatan cukup bisa diandalkan. Sebelumnya untuk default browser yang saya gunakan adalah Mozilla Firefox. Saya suka Firefox karena dukungan AddOn dan juga bisa di-tweak lebih jauh. Masalah Firefox muncul ketika saya memasang beberapa AddOn, padahal tidak terlalu banyak. Masalah yang terjadi adalah Firefox jadi sering crash (tiba-tiba restart sendiri). Lalu saya coba menggunakan Google Chrome yang ‘katanya’ sangat cepat memuat halaman web dan ringan. Dan ternyata memang gak mengecewakan.

Untuk extension di Google Chrome, gak kalah banyaknya dengan di Firefox, dan itu akan selalu bertambah. Banyak addOn di Firefox ada juga di Google Chrome. Kekurangan Google Chrome sama dengan Safari, yaitu tidak bisa melakukan resize gambar dengan cara drag & drop di post box WordPress (dianggap kekurangan bagi blogger). Selain itu ternyata Google Chrome belum terintegrasi dengan beberapa download manager (seperti orbit download manager).

Menurut saya, Google Chrome patut digunakan dan menjadikannya browser default.

Download Google Chrome di :

==========================================

Menggunakan Software Pendukung

WakeUp

WakeUp Mempercepat Koneksi InternetWakeUp bekerja dengan mengirimkan sebuah paket ke internet setiap 120 detik (dapat diubah), yang menjaga koneksi internet tetap tersambung. Jika koneksi terputus oleh ISP dan Windows memperlihatkan beberapa disconnected kotak pesan, WakeUp akan mencoba untuk menutupnya dan memaksa Windows untuk menyambung kembali koneksi internet.

Portable tool WakeUp ini menurut saya amat sangat membantu, meski bukan membantu mempercepat koneksi internet. Saya selalu menggunakan tool ini di setiap komputer saya terkoneksi internet.

WakeUp bisa dijalankan pada OS Windows XP, Vista maupun Windows 7. Saya sendiri menggunakannya di Windows 7. Dan yang pasti WakeUp termasuk freeware.

Saya mencoba mencari tahu website resmi dari tool WakeUp agar bisa selalu mendapatkan tool WakeUp versi yang lebih baru, akan tetapi saya tidak menemukannya. Yang saya punya adalah WakeUp versi lama, silakan download di download button berikut:

downloadbutton Mempercepat Koneksi Internet

Iobit Internet Booster (Include in Iobit Toolbox)

Iobit Toolbox Logo Mempercepat Koneksi InternetMengikuti langkah-langkah tweaking browser Firefox di atas memang menyita waktu dan merepotkan. Alternatif cara yaitu biarkan Iobit Internet Booster melakukan tweaking secara otomatis. Iobit Internet Booster bekerja Mempercepat Koneksi Internet dengan melakukan tweaking terhadap browser (IE, Firefox, dan Google Chrome) dan TCP (untuk Windows Vista dan Windows 7, tidak memerlukan optimasi TCP ini). Tweaking yang dilakukan hampir sama dengan langkah-langkah tweaking di atas. Bedanya kita hanya perlu melakukan tweaking dengan sekali klik, lalu Iobit Internet Booster akan bekerja secara otomatis.

Iobit Internet Booster Logo Mempercepat Koneksi InternetSeperti yang saya singgung sebelumnya mengenai tweaking Google Chrome. Iobit Internet Booster dapat melakukan tweaking terhadap browser Google Chrome, tapi saya tidak merekomendasikan agar kedepannya settingan atau extension yang telah ada tidak di-reset ke keadaaan Google Chrome secara default.

Iobit Internet Booster merupakan salah satu fitur yang ada di Iobit Toolbox. Untuk menggunakan Iobit Internet Booster, kita perlu set bandwidth terlebih dahulu. Setelah itu baru kita optimize. Untuk mengetahui berapa bandwidth yang perlu kita set, bisa menggunakan layanan speedtest.net atau berdasarkan kecepatan modem kita dan paket yang kita gunakan. Contohnya, saya menggunakan HP modem dari SMART dengan kecepatan 153 Kbps. Di menu set bandwidth di Iobit Internet Booster tidak terdapat angka 153 Kbps. Oleh karena itu saya mengambil yang mendekati dan tidak melebihi 153 Kbps, yaitu 56 Kbps. Kalau saya memilih 512 Kbps, itu malah melampaui kecepatan modemnya sendiri.

Iobit Internet Booster Mempercepat Koneksi Internet

Iobit Internet Booster yang include dalam Iobit Toolbox ini merupakan Freeware dan merupakan aplikasi portable. Iobit Toolbox bisa kamu download di www.iobit.com/toolbox.html.

==========================================

Banyak software/tools pendukung lainnya yang bisa membantu mempercepat koneksi internet, seperti Modem Booster dan Internet Cell Boost. Cobalah untuk mengeksplorasi sendiri. Untuk mencari tools lainnya, bisa melakukan pencarian melalui search engine.

Gunakan Tool Download Accelerator/Manager

Internet Download Manager Mempercepat Koneksi InternetUntuk proses download, gunakanlah tool download accelerator/manager seperti Internet Download Manager, Orbit Downloader, Free Download Manager atau sejenisnya. Saya merekomendasikan untuk menggunakan Internet Download Manager. Meski tidak gratis, pasti kamu bisa mendapatkannya secara gratis dengan bantuan Google.

Internet Download Manager membantu mempercepat proses download (bukan mempercepat koneksi internet). Selain itu proses download bisa dilanjutkan dilain waktu ketika proses download terhenti atau kamu ingin mem-pause ditengah jalannya proses download. Tapi itu semua bisa dilakukan jika menggunakan Internet Download Manager yang sudah di-register, bukan yang trial.

Download Internet Download Manager di www.internetdownloadmanager.com/download.html.

==========================================

Tips mempercepat koneksi internet di atas tidak sepenuhnya akan mempercepat koneksi internet secara signifikan. Tips di atas hanyalah suatu cara untuk sedikit mensiasati koneksi internet yang lambat. Dan hasilnya akan membuat koneksi internet setingkat lebih cepat disaat browsing sebelum melakukan tweaking.

Selain cara mempercepat koneksi internet di atas, bisa mensiasati koneksi internet yang lambat dengan memakai proxy server alternatif, Google DNS atau Open DNS (coba cari tahu lewat search engine), dan juga mengupgrade alat (modem) atau paket koneksi internet yang digunakan.

Tips Tambahan

Ketika koneksi internet sedang down (lemot), saya biasanya merestart koneksi internetnya. Dengan cara ini, koneksi internet saya jadi kembali seperti semula (refresh kembali). Lumayanlah bisa mempercepat koneksi internet yang sempat lemot. Tetapi bisa jadi koneksi tetap lemot karena memang sedang down.

(Update Terakhir: 12 Februari 2011)

Semoga artikel Mempercepat Koneksi Internet ini bermanfaat.

Posted in: Computer Tips

146 Comments

  1. wahyu says:

    ijin copas om…

  2. saiful says:

    kalo im2 termasuk apa tu? dial up DSL ato apa..

  3. Overdeath says:

    Boleh nanya gak gan

    SmartFren(MODEM) ketarik gak buat main Game Online

  4. Tamapanda13 says:

    gpedit.msc g ke detect di run saya mas. w7 jome premium

  5. Wiwit says:

    hmmmmm….  LIKE

  6. mempercepat koneksi internet says:

    Wah,
    Artikel nya bagus gan, dan sesuai dengan apa yang saya butuhkan saat ini.
    saya akan kembali lagi lain kali untuk membaca postingan anda yang lain.
    Terima kasih dan sukses.

  7. joni says:

    Saya mau menginstall Iobit internet Booster spt yg dibahas dlm artikel ini. Tapi gak jadi, sebab gak support Opera. Ada sofware akselerator koneksi intrnet lain gak yg support Opera, klo bisa sih yg free ? Thx.

  8. Ryo says:

    mo nanya jga,,smartfreen tu DSL ato ADSL mas

  9. agusbek says:

    kalo pake kabel speedy itu DSL ato ADSL ka. maklum msh blajar internet.

  10. joni says:

    Wkt itu uda nyoba install ulang driver wifi dr CD drivernya sampe 3x, tp gagal trus. Lalu serch di Google, ternyata ada banyak org yg mengalami mslh yg sama.(Tp udah lupa pesan errornya & keyword searchnya).

    Ternyata itu adlh driver tambahan dr Microsoft, yg fungsinya supy laptop kt bisa terkoneksi dgn lbh dr 1 hotspot. Ada yg nawarin patch, tp sesdh q install gak mngatasi mslh jg.

    Akhirnya ssdh install ulang Win7 (yg menghapus semua isi hard dsk), settingan “Windows Update” sy stel jd manual. Sy cm mau install “Important Update”. Yg “Optional Update & Recommended Update” gak sy install. Sejauh ini sih stabil2 aja.

    • Kalau Windows 7-nya bajakan terus di update, terkadang ada update yang dimana membuat Windows 7 kita jadi bermasalah. Dulu Windows 7 bajakan saya jadi black screen setelah saya update.

  11. joni says:

    Wah tengkyu banget ya prtanyyaanqu udah sgera dijwb.Pdhl kan postingan terakhir udah 1/2 bln yg lalu. Maap klo prtanyaan sy agak
    berat& panjang.
    Soalnya sy agak trauma gara2 pernah hapus driver wireless wifi Atheros, lalu hrs install ulang Win 7.Pdhl cara uninstallnya
    udah bener, lewat ControlPanel—>Programs and Features. Jadi pas mau utak atik Opera masih ragu2.

    Ada prtanyaan yg lebih ringan nih:
    1. Kok agan bisa cepet tau ada postingan baru gmn caranya atuh? Apa pake Blakbery ato hp lain yg bs nge-net? Ato ada cara lain?
    2. Game Gunbound kok gak bisa dijalankan sm skl ya di Win 7? Klo di warnet2 yg pake Win XP bisa.

    Oya, ada pengirim posting bbrp bln yg lalu yg pake istilah “wendus” dan agan nanya artinya ke dia tapi ga dijwb.
    Tebakan sy, “wendus”=Windows.

    Sekali lg tengkyu brat atas jwbnnya.

    • Tanggal 1 udah posting lagi kok mas.
      Kalau driver kehapus kan bisa tuh mas install lagi drivernya lewat CD/DVD drivernya. Atau kalau ada koneksi internet yg lumayan, bisa install driver secara online via Device Manager.1. Maksudnya komentar ya? Saya pas lagi online dan buka blog kok. Meski jarang posting, tapi saya selalu buka blog saya, kalau-kalau ada komentar yang masuk. Selain itu setiap ada komentar yang masuk, ada notifikasi di email. Dan setiap hari pasti saya selalu buka email.2. Game Gunbound yg tembak-tembakan itu kan? Bisa jadi emang gak support ama Windows 7. Sebab gak semua aplikasi yg jalan di XP bisa jalan di 7. Gak kompatibel. System di Windows 7 ada sedikit perubahan dibandingkan di XP. Biasanya gamer banyak yang masih pakai Windows XP.

      Banyak kata-kata untuk memplesetkan Microsoft Windows. Biasanya yang saya temui Mikocok, Jendela, Wind$ws. Kalau Wendus saya baru denger sekarang ini dari masnya. Biasanya yang memplesetkan Microsoft Windows tu bukan pengguna Microsoft Windows. Atau cuma ikut-ikutan yang lain, padahal dia nya pakai Windows.

      Terima kasih juga udah mampir, berkomentar dan ngasih saya pertanyaan berat di komentar sebelumnya. Hehehehe….

  12. joni says:

    Prmisi Mau tanya gan Galuh. Saya pakai Win 7 & Opera 11.11. Pada cara tweak Opera langkah ke 3, salah satunya kan kita harus memberi tanda centang pada pilihan “No Connection Keepalive” dan “Non-Compliant Server 100 Continue”. Yg mo sy tanyakan:

    1. Apa fungsi/tujuan menu “No Connection Keepalive” ? Apa/bgmn perbedaannya antara jika kita memberi tanda centang& tdk ?2. Apa fungsi/tujuan menu “Non-Compliant Server 100 Continue”? Apa/bgmn perbedaannya antara yg kita beri tanda centang& tdk ?

    3. Ada problm lain: Saya pernah gagal download sbh file (lbh dr 1 hari !) berukuran besar (lbh dr 10 GB) di website filehosting Furk.net (semacam RapidShare.com). Kemungkinan krn koneksinya  terputus sbentar dr ISP. Saya tdk bisa pakai sfware download manager sbb yg bisa pakai download mngr di web tsb hanya user yg bayar (Premium user), sdgkan sy Free user.
         a. Apakah sofware Wakeup bisa jadi solusi utk mslh download file yg trputus ini?      b. Saya mau mengubah settingnya menjadi 3 detik atau 2 dtk. Apakah settingan ini masih normal atau akan membebani(misalnya bkn komp jd hang)? Kalau membebani, lalu sebaiknya paling sering jd brp dtk ?

    4. Teman saya menyarankan pd saya utk mslh no 3 agar di CMD (Command promppt) saya memakai perintah “ping xxx.com -t” ke website apapun,supaya ISP menjawab ping dr komp saya terus menerus.  Saya lihat di bbrp warnet, mrk jg pakai cara ini.Apa pndpt agan ttg plus & minus cara ini ? Apa klbihan & kkurangannya dibanding memakai sfware Wakeup?
    Thx atas postingan tipsnya. Maaf saya baru tahu sekarang krn br beli komputr, harap maklum hehe.

    • 1 dan 2. Wah pertanyaan ujian berat buat saya neh. Jujur saya gak tau musti jelasin apa. Kedua hal tersebut terkait dengan kinerja koneksi terhadap server. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, perlu belajar seluk beluk http lebih jauh. Kedua opsi tersebut dicentang, disini saya mengambil tips dari teman-teman lainnya. Maaf saya belum bisa menjelaskan secara jelas maksud dan tujuannya.
      3. Kinerja software WakeUp seperti halnya kita melakukan ping di command prompt. Bedanya WakeUp melakukan ping dalam waktu tertentu untuk membuat koneksi tetap terjaga. Menurut saya WakeUp tidak bisa dijadikan solusi untuk masalah download file yang terputus. Download file di tempat download dengan Free User memang mempunyai batasan seperti itu. Mohon maaf belum bisa menjelaskan secara detail.

      4. Melakukan ping di command prompt dengan perintah “ping alamat_situs -t” berarti melakukan ping secara terus menerus dengan waktu yang sudah ditentukan oleh sistem ke situs tujuan. Bedanya di WakeUp melakukannya ping dengan waktu tertentu yang ditetapkan terhadap koneksi internet yang sedang kita pakai, bukan ke situs tujuan. Kalau waktunya dibuat pendek, saya rasa gak ada masalah.

      Penjelasan fungsi dari WakeUp :
      The WakeUp utility will send a packet to the internet every 120 seconds (you can change the time frame if you like), which keeps the line alive. If the line is disconnected by your ISP and Windows shows some disconneted message boxes, the WakeUp utility will try to close them and force Windows to re-connect.Mohon maaf jika jawaban saya tidak tepat dan malah membingungkan. Masih banyak yang perlu saya pelajari lebih jauh. Terima kasih sudah memberikan saya pertanyaan.

  13. Yoelirawanlohestian says:

    Gan kalo balikin ke standarnya gmn ya??ane tunggu jwbn nya di yoelirawanlohestian@yahoo.com ya??thx..Biar bs juga dibalikin ke standarnya..

    • Kalau me-reset semua settingan yang udah diubah secara otomatis saya belum menemukan caranya di Firefox, tapi ada menu balikin ke standart-nya (reset/restore) di Iobit Toolbox secara otomatis. Kalau cara manual, mana saja yang sudah diubah settingannya, tinggal di klik kanan trus pilih reset.

  14. ?????? ?? ??????? says:

    Numpang tanya ne Gan.Tapi sedikit lari dari Tulisan di atas.
    Saya baru beli PC Sekond.Di pakai sama yang punya pertama dah 1 tahun lebih.
    Masalahnya begini gan..
    1.Kalok saya browsing terlalu lama,seumpama buka FB atau situs lain.Kok tiba2 jaringannya eror padahal browsing di situs lain gak ada masalah,lancar seperti biasa.
    2.Monitor saya tiba2 kok padam,padahal PC tetap aktif dan programnya tetap jalan,seperti program winamp.
    Mohon penjelasan dan pencerahannya.Saya tunggu di zoelqar@gmail.com jawaban dari agan.Terima kasih.. :)

    • 1. Wah gak tau gan. Kok bisa aneh kayak gitu ya.
      2. Pastinya itu masalah ada pada monitornya gan. Kalau dianggap terlalu bermasalah, coba diservisin.

      Oya, waktu beli PC-nya udah diinstall ama yang punya ya? Mendingan diinstall ulang gan. Soalnya kita gak tau, program apa aja yang diinstall orang yang punya sebelumnya.

      Mohon maaf kalau jawaban saya gak memberikan solusi yang benar-benar menyelesaikan masalah agan.

  15. Gusye says:

    kalo modemnya pake hp dan gak buat yg lain, mendingan ditempel sendok tipis trus dilakban (ada antena tambahan 20 cm) lumayan gan walau ngedrop tp donlot msh jalan dan gak putus2. padahal pake smart regular 45 rb doang.

  16. adhixz says:

    Thanks sharingnya bos…. :)

  17. Roedyashar says:

    gan.,.npa di PC q mengubah bandwith dengan gpedit .msc tidak bisa.,.,setiap di ketik gpedit.msc trus ok pasti langsung error.,tp klo regedit bisa.,,knapa z??? 

  18. nice tips gan, makasih banyak…

  19. Suthan says:

    wuih lengkap banget tipsnya, tapi setingan diatas kira2 bisa mempercepat koneksi seberapa persen ya?

    • Berapa persennya saya gak bisa memberi patokan. Kecepatan yang meningkat gak sigifikan, hanya sedikit saja, malah kadang kita merasa kecepatan yang sudah di tweak gak mengingkat. Settingan di atas ada yg berfungsi untuk memperlebar batasan bandwidth pada koneksi yang ada. Dll.
      Kalau saya sendiri merasa koneksi saya sedikit meningkat setelah saya tweak dibandingkan sebelum di tweak.

  20. castarock says:

    “gpedit.msc” d laptop sya kox g ad?
    mas ini tu
    - DnsPriority = 1

    - HostsPriority = 1

    - LocalPriority = 1

    - NetbtPriority = 1
    yang gantinya dalam hexadecimal atw decimal atw sma aj y?
    terima kasih…

  21. Yudi Herdiana says:

    Lengkap banget triknya,, mantap mas..
    Sya blm pernah tweak registry… pngen nyoba,,
    Mkasi mas…
    http://4share4.blogspot.com

  22. Wahyu says:

    klo aq pke modem telkomsel flash, jd yg dpkai DSL, ADSL atau Dial-Up?????

  23. Gtu_h19 says:

    apa bedanya proxy sama dns?? q saring banyak yang bilang proxy bisa mempercepat koneksi tapi malah ga konek…sebenarnya apa yang bisa mbuat internet stabil di wi-fi thanks ya agan di minta solusinya….

    • Proxy tu berupa server yang tidak berada di server utama yang menyimpan cache agar pengunjung ketika mengunjungi situs yang dituju tidak menuju ke server utama yang jauh melainkan mengunjungi server yang berisi cache situs tersebut yang terdekat agar cepat buat diakses.
      DNS digunakan untuk mengubah IP yang dulunya berupa angka menjadi alamat IP berupa alamat yang mudah kita pahami, yaitu dengan kata (masih bingung juga kaitannya DNS dengan mempercepat koneksi internet).

      Kalau menurutku, menggunakan proxy atau DNS, tidak begitu mempengaruhi kecepatan internet secara signifikan. Sama seperti cara di atas. Untuk saat ini aku hanya menggunakan DNS dari Google, hasilnya menurutku tidak ada yang berubah.

      Internet cepat tentunya ya dukungan sinyalnya, alatnya, paket yang kita gunakan, dan regulasi dari pemerintah tentang pengaturan internet. Moga aja dalam waktu dekat internet di Indonesia cepat mendekati kecepatan rata2 internet di Korea (tercepat di dunia).

      Yang bisa membuat internet stabil di WiFi bisa dipengaruhi dengan alat penangkap sinyalnya. WiFi-nya bagus apa tidak. Kasus seperti modem Smart yang sinyalnya naik turun, ada yang membuat alat tersendiri berupa antena penguat sinyal seperti booster (seperti untuk TV) agar sinyalnya kuat. Klo di laptop, aku kurang tau. Tapi klo USB WiFi ya tergantung dengan kualitas alatnya, mampu menangkap sinyal dengan baik atau tidak.

    • Maaf kalau ada penjelasanku yang kurang tepat.

  24. sumpen says:

    hmmm, itu tuh untuk penggunaan komputer pribadi ya mas, nah kalo misalnya komputernya disharing, gimana?? kayak penggunaan di warnet2, bisa diseperti itukan ga, terus kalo misalnya bisa, apa harus disetting satu2, ato gimana???

    • Untuk komputer yang disharing, bisa jadi disetting satu-satu. Atau bisa disetting dengan remote desktop untuk semua komputer yang tersambung. Akan tetapi sebelumnya komputer yg tersambung harus udah diremote desktop ke komputer utama (server). Aku belum pernah ngelakuinnya, jadi masih belum gitu ngerti teknisnya.
      Kalau mau disetting, sebelumnya deepfreeze-nya dimatiin (kalau pke).

      • zaid says:

        walau deepfreeze nya di matiin, guruku tetep bisa nge remote tuh…………………?

      • @zaid: Maksudnya biar apa yg disetting gak kembali ke kondisi semula karena adanya deepfreeze yg aktif ketika komputer direstart. Bukan karena mau nge-remote, deepfreeze-nya harus dimatiin.

  25. fina says:

    ko aku uda aplikasiin ke firefox gada perubahan y???
    knp kl vista tu gbs search run buat gpedit yah???padahal temenku bisa run itu trus koneksinya dia emang ngacir gila. thanks…..

    • Soal perubahan, memang gak banyak terasa perubahannya. Kalau untuk sekedar browsing, lebih bagus pakai Google Chrome.
      Gak bisa run buat gpedit berarti permasalahannya sama seperti yang lainnya. Kira-kira kenapa aku kurang gitu tau. Mungkin bisa saja di block ma virus.
      Kalau koneksi yang dipakai sama, tapi punya temen kamu lebih ngacir, kemungkinan pengaruh dengan sinyal. Karena modem yg menangkap sinyal (modem USB kebanyakan), memang koneksinya gak stabil, beda dengan modem ADSL yang menggunakan kabel (contoh : speedy).

  26. Haryadi R F says:

    Informasi yg sangat berguna, terlebih saya membutuhkan internet setiap hari.
    Terima kasih atas postingan anda.

  27. komplit amat mas tipsnya. thanks ya

  28. Idu Marnico says:

    Makasih banyak Bos..sangat membantu tip dan triknya namun di mozila
    untuk dibawah ini tidak saya temukan.

    - Set “content.max.tokenizing.time : 3000000“
    - Set “content.notify.interval : 750000”

    dan saya coba klik kanan Integer, beri nama “content.max.tokenizing.time”. Beri nilai 3000000

    apakah boleh??

    salam dan terima kasih…

    • Kalau tidak ditemukan, dilewati aja gak apa2. Diberi nilai secara manual juga boleh.
      Pakai aja tool Internet Booster dari Iobit (diatas udah dibahas) kalau pengen gak ribet setting “about:config” di Firefox.

      Terima kasih kembali sudah berkunjung dan berkomentar.

  29. xTray says:

    lengkap . .. sangat membantu

  30. glenz says:

    info yang sangat membantu sekali …

    trima kasih banyak atas info nya

  31. wiiihhh lengkap bgt om tutorialnya
    ntar tak nyoba salah satu dulu :p

  32. meidi says:

    mas punya aku udah tak setting registrynya kaya yg diatas downloadnya kok lambat bgt gag kaya biasanya. padahal udah pake idm.

    • Benarkah? Coba registry-nya di balikin seperti sebelumnya, klo masih tetep sama hasilnya mungkin memang gak cocok buat mempercepat download. Atau mungkin IDM-nya speed limiter-nya ON. Sekedar informasi, IDM bekerja dengan menyedot resource bandwidth. Bandwidth yang ada akan dibebankan lebih banyak untuk IDm yang sedang men-download.

  33. Amri says:

    Tips trik yang wajib di pake neh bagi pengguna wendus ….
    Kurang lebih saya juga pake tips mas Galuh di atas,… :senyum:

  34. Desrizal says:

    tips yang berguna..thanks

  35. Aryo Seno says:

    patut dicoba sekarang juga

  36. toromorphosis says:

    wow…. artikel yang bagusss…. terimakasih ya mas infonya :D :silau:

  37. demen nee ane ,… klo begini komplite banget…

    nyoba ah… sapa tau maknyuss..

  38. bowo says:

    artikel dah lama, baru tahu ak…hehe
    makasih makasih :)

  39. Akhi Reska says:

    Thank U brooooo….
    Salam kenal, :)

  40. Akhi Reska says:

    Gua coba ya, broooo……
    Salam kenal, :)

  41. joe says:

    saya menggunakan mozilla 4 tapi masih beta bisa gak ya?

  42. Ady says:

    # Di direktori ServiceProvider ubah nilai berikut:
    - DnsPriority = 1
    - HostsPriority = 1
    - LocalPriority = 1
    - NetbtPriority = 1

    Bro,untuk ubah nilai seperti diatas, base nya dirubah ga,dari hexadecimal ke decimal? Btw thanks bro

  43. chokychoky says:

    sama aja om,,gak ada bedanya,,mo pake cara 1,2,dst.

    semuanya tergantung jumlah pemakai modem itu sama waktu pemakaian, klo modem saya cepetnya jam 5-8 pagi. jadi percuma aja mempercepat modem. lebih baik klo mau cepet ngenet di jam2 modem saya cepet.

    • Memang hampir terasa gak ada bedanya. Tapi menurutku kadang2 ada perbedaannya, terasa lebih ringan meload suatu situs.

      Perlu diluruskan, cara di atas bukan untuk mempercepat modem, tapi lebih ke mempercepat meload halaman situs. Selain itu lelet tidaknya koneksi juga tergantung dengan kondisi jaringan. Yg namanya modem dial up pasti gak stabil karena dipengaruhi juga oleh keadaan sinyal. Berbeda dengan modem ADSL (via kabel), karena sedikit noise (gangguan) yg terjadi.

  44. Juli says:

    saya juga g bisa nih buka gpedit.msc
    kenapa ya?? udah coba dipanggil lewat command prompt tapi katanya tidak dikenal.
    itu kenapa ya?
    thanks

    • Coba buka Command Prompt (CMD). Di search program ketik cmd trus enter. Muncul tuh window item. Trus ketikkan gpedit.msc. Klo muncul gpedit.msc-nya berarti gak apa2. Klo gak muncul ada kemungkinan disembunyiin virus. Coba juga buka regedit via search.

      • Tambahan, ternyata soal command prompt udah dibicarain ya. Maaf gak tau. Terburu2 baca komennya. Coba aja gantian akses regedit-nya. Klo gak bisa ada kemungkinan disembunyiin virus. Sebab virus kebanyakan nyembunyiin file system punya Windows.

      • Juli says:

        kalo regedit bisa, cuma gpeditny yg g bisa,,,
        ehm …ato emang uda dr notebookny ya, punya saya NB acer happy.

      • Jenis NB harusnya gak ngaruh lho. Kapan2 berkunjung lagi ya. Cara Mempercepat Koneksi Internet ini mau aku update. Ada sedikit tambahan review penggunaan software.

  45. rahmadoni says:

    Hahaha.. Share..

  46. Kopral says:

    Terima kasih infonya brother.. sangat membantu..

  47. Rick says:

    thanks infonya…….
    sekedar menambahkan saja :
    mempercepat koneksi internet

  48. kobes says:

    mantab…matur nuwun mas bro…..:p

  49. muhammad ikhsan says:

    udah saya coba mas..tp tetep ga bisa..yg keluar ini mulu (window cannot find “gpedit.msc” please make sure you typed the name correctly and then try again,to search for a file click the start button,and click search) knapa ya ne laptop saya ya mas..??apa nya yg slh ne..??minta petunjk nya dunk mas..

  50. muhammad ikhsan says:

    1. Start –> Run
    2. Ketikkan “gpedit.msc” –> OK
    3. Pada Computer Configuration, pilih Administrative Templates
    4. Klik Network –> QoS Packet Scheduler
    5. Pada window sebelah kanan, double klik limit reservable bandwidth
    6. Ubah setting menjadi enabled
    7. Ubah bandwidth limit (%) menjadi 0 (nol)
    8. OK
    di notebook saya(acer aspire one/window xp) kok ga bisa ya mas..?? baru aja saya ketik gpedit -> ok langsung keluar peringatan error..knapa ya mas..??mohon petunjuk nya nya mas..

    langkah2 yg lain sudah saya laksanakan..yg bandwidth aja yg gabisa..saya pake modem ADVANCE(TELKOMSEL FLASH)

  51. Arif says:

    mas…kl mozilla ama opera,,lebih bagusan mana??

  52. Shall Doank says:

    THAN’s…..THAN’s……THAN’s…….

  53. Arif says:

    mas saya udh coba men tweak mozilla untuk dial up pake modem hp soalnya, tpi ketika set
    - Set “content.max.tokenizing.time : 3000000“
    - Set “content.notify.interval : 750000”
    - Klik kanan, pilih New –> Integer, beri nama “nglayout.initialpaint.delay”. Beri nilai 0 (nol)

    ga ada mas,, jd gmn mas??mhon bantuan secepatnya…!

  54. Arif says:

    Thanks buat info nya,,tar saya coba…
    sukses selalu, moga bermanfaat juga…amiiin :senyum: :senyum: :senyum:

  55. Monlishiowl says:

    Teknik2nya mesti dipraktekin tuh. Soalnya komputer aku lambat banget….
    makasih gan infonya. Sangat membantu

  56. irwan says:

    Mantab Bos….thnks bgt infox…Udh dicobain…Rada cepat dr sebelumnya.Matur Nuhun Mbah….hehe

  57. Noer says:

    :gembira: :gembira: :gembira:
    Tengkyu bro… tak cobane neng komputerku.
    Lemot kaya bekicot neh… pake flexy unlimited modem nokia 3105.

    Bro mo nanya..kalo buat emoticon kaya dibawah postingan ini gmana ya…? KAlo di pasang di blogspot bisa gak..?
    Balas ke email bro…
    Semoga blognya sukses.
    :gembira: :gembira: :gembira: :peace:

    • :peace: :gembira: :gembira: :gembira: :peace:
      Sama-sama. Moga cara di atas ada hasilnya buat flexy unlimited modem nokia 3105 sampeyan.

      Saya kurang tahu cara pasang AdsenseID Emoticons di blogspot. Sudah lama gak otak-atik blogspot. Saya coba cari tau di google dengan query “adsense id emoticons di blogspot” belum ketemu.
      Maaf tidak memberi solusi.

  58. You are professional.

  59. fery irawan says:

    saya menggunakan tutup panci untuk memaksimalkan koneksi smart tersebut, lebih lengkap di free download ebook, free software, free download movie, free antivirus (U) (Y)

    • Wah, sama seperti cara teman saya. Tapi menggunakan panci berfungsi sebagai memperkuat sinyal (kalau sinyalnya naik turun). Kalau di tempat saya, sinyal smart-nya stabil 4 bar tanpa perlu diperkuat lagi sinyalnya.

  60. orochimaru says:

    sangat membantu..
    thanks

  61. Rico_Badoz says:

    Thankx’a all..
    cuma baca” za bnyak manfaat’a…
    :siul :siul

  62. helmy says:

    thanks 4 setingannya sangat bermanfaat

  63. adegustiann says:

    makasih ya tutorialnya..

  64. kuntaarsoram says:

    lemot terus piye iki pedot2

  65. kuntaarsoram says:

    boh rak mudeng bingung

  66. agung_lira says:

    Tolong dong bantuin mas, knapa game zynga poker waktu kita main sering reconect..kalo ada app tlg dong jg diksasi infonya…makasih buanyak mas, smoga sukses selalu.

    • Maaf neh mas. Sepertinya saya tidak bisa membantu, karena saya belum pernah mainan Zynga Poker. Jadi, problema seperti yang mas alami saya kurang begitu mengetahui. Pengen c mencoba mencari tahu solusi dari problema yang mas alami, tapi berhubung Koneksi lemot yang mengganggu kinerja saya, saya tidak bisa bebas untuk mencoba-coba.

    • wahyu says:

      saya pake flexi sekarang lancar. masalahnya ada di kabel data. lihat di status. kalau masih ada eror kabelnya digoyang-goyang trus konek ulang sampe tidak ada eror. http//www.whypulsagratisan.co.cc

  67. barthrizal says:

    hehehehe….di vista beda om…makanya aku bingung…heheheheh..thanks

  68. barthrizal says:

    Thanks infonya,langkah2 yang sampean beri untuk merubah bandwith kan cmn buat XP,kalau buat Vista basic home kita harus merubah bandwith(%)menjadi 0 harus lewat regedit…nah boleh g minta info kalau di regedit letak register bandwithnya dimana?thanks

    • @barthrizal: Langkah2 yang aku beri untuk merubah bandwith aku lakukan pada Windows 7. Di Windows XP juga ada. Emangnya di Windows Vista beda? Wah aku kurang tau klo beda.

      Wee….h.. udah aku cari tau di regedit kagak ketemu2 neh. Sorry ya bang.

  69. rizky dewantara says:

    mas kok. . . .
    content.max.tokenizing.time : 3000000
    content.notify.interval : 750000

    d mozila config saya gag ada y?..
    truss gmna mas?..

    tlong d bntu mas. . .
    thenx’s be4. . .

    • @rizky dewantara: Klo misalnya ada settingan yang gak ada, bisa diabaikan. Setting yang ada saja, gak gitu ngaruh kok. Dulu aku gunain Firefox 3.5.6 (sekarang pke Firefox 3.6 Beta 5), ketika mau aku tweak, ada settingan yang gak ada. Jadi, aku setting yang ada saja.

  70. Thnxs berat untuk tips nya

  71. Budi says:

    ga apa2 mas makasih, karag sy mau minta patch IDM yg 5.18 sebelumny mksh maf dah merepotkan terus

  72. Sebelumnya saya minta maaf baru bales sekarang, beberapa hari kemarin saya mudik jadi ya internetan off dulu untuk sementara.

    @Budi: Maaf neh saya kurang tahu mau jawab apa. hehehe……. :((
    Menurut saya, kemungkinan karena tipe memorinya yang berbeda (kalau tidak salah). Ada yang bisa bantu jawab??? ;)

    @Andi: Emmmmmm mungkin. Temen sebelah kamar kost saya yang pakai XP kelihatannya juga lemot banget koneksi smart-nya daripada punya saya yang pakai 7. Padahal sinyal sama2 baik.

  73. andi says:

    mas mau tanya………
    q kan kemaren pas pake windows 7 koneksi smart agak lumayan cepat lah…
    trus sekarang tak ganti XP kok……..malah lemot yaa

    Emang Operating System pengaruh ya???!!?!?!?!?!

  74. budi says:

    mkch mas…skrang q lncr pke mdem smart dgn win7. klo bole tanya stu agi tntang DDR2 q knapa kebaca cuman pc6400 dgn 400mhz q lihat d window udh pke berbagai aplikasi pdh mem q ADATA 2GB DDR2 1066 PC8500. yg satu slot. spek kom q: mobo BIOSTAR TA790GX XE, proc amd athlon 64 X2 7850 BE, RAM 2GB A DATA, CASING SIM COOL. tlong jwb napa y g k baca mem asli’y. apakah hrus 2 ram’y krna q pke 1 slot aja, apakah hrs gnti proc dgn AM2+ krna q pke yg AM2. mkch sblm’y n maf pnjng bca’y

  75. budi says:

    mas aku pke smart zte c261 n skarang coba pke os win7. minta driver tuk win7 nya dong… mkch y sblm’y

  76. Maryono says:

    trimmakasih atas informasinya nieh,….lumayan juga.

  77. DJ says:

    makasih saran2 nya, saya juga smarter(smart modem user heheh) ;)
    masih yg haier1200 lagih.. biar gitu2 aku sayang, soalnya pernah dapet 6 bulan free, :)
    beneran pas, daripada ke warnet, :bloody: ni bisa dipake kapan ajah, walopun lambreta hahaha.
    sekarang mah mendingan yg zte c261, login prosesnya lebih zuiing.. ga pake mikir. :8

    eh iya. itu tahap tahapnya harus dilaksanakan semuah apa bisa salah satunya aja udah ngaruh..? :((
    (perhatian : saya masih belum tertarik pindah ke musang api 3, juga belum nyedian lapak buat safari. Opera boleh laah ) :o:

    • @DJ: Sama2. Hehehe bagus juga tuh julukan SMARTER. Kita kan cerdas milih yang murah tapi banyak manfaatnya. Mesi lambreta tetep kita bisa berkarya n mencari informasi sebanyak2nya lewat internet.

      Cara diatas, salah satu aja udah ngaruh kok. Tapi ya perbedaanya gak drastis banget (tiba2 langsung kenceng banget gitu, ya kagak lah). Yang tweak browser, tergantung sampeyan pake browser yang mana, trus pake tuh cara diatas.

      NB: Saya gak menjamin dengan cara diatas, koneksi langsung kenceng kayak motor Ducati. Setidaknya ada lah perbedaanya dikit. Klo pengen kenceng ya mendingan pakai paket internet yang mahal.

    • wahyu says:

      Saya sekarang pake modem prolink + flexi 2.500 sehari puaaaaas banget

  78. nugroho ardie says:

    tips nya dah aq coba bos. ada perbedaannya.
    makasih…. klo da tip&triks yang laen bagi2 ya.. ;)

  79. ankmalwe says:

    terima kasih atas infonya, semoga sukses dan selalu bahagia

  80. nugroho ardie says:

    sekarang ni aq lagi pake hp smart zte c261 terbaru. tip and triks nya itu bs dipake juga gak mas ma hp qu?? thnks.. ;)

  81. noershani says:

    thanks atas infona langsung tak coba

  82. arman says:

    thanks mas buat tipsnya… akan segera saya praktekkan dan laksanaken di komp saya yang pake hp modem smart haier c700… btw,koneksi smart bisa cepet itu pas jam berapa aja?

    • galuh says:

      @Arman: Jam-jam koneksi kenceng ditempat saya biasanya pagi sekitar pukul 06.00 – 09.00. Sore sekitar pukul 15.00 – 18.00. Malam sekitar pukul 21.00 – …. Gak tentu juga mas. Biasanya keliatan lemotnya setelah saya online selama 3 jam. Meski unlemoted, yang penting cocok buat dipakai yang budgetnya pas-pasan. Meski budget pas-pasan, tetep bisa online tiap hari. Daripada ke warnet kan?

Leave a Reply