GaluhRistyanto.web.id Bermasalah Lagi

GaluhRistyanto.web.id bermasalah lagi. Dulu galuhristyanto.web.id pernah mengalami SUSPENDED, dan kemarin lagi-lagi mengalami masalah.

Masalah yang kemarin galuhristyanto.web.id alami bukan SUSPENDED lagi. Waktu saya mengakses galuhristyanto.web.id pada pagi hari, semua tag, kategori dan link terhapus. Selain itu terjadi error terhadap salah satu plugin. Otomatis hal ini berpengaruh terhadap tampilan, sehingga tampilannya menjadi seperti berikut: 

Problem1 GaluhRistyanto.web.id Bermasalah Lagi

Sekitar pukul 09.00, saya mencoba untuk memperbaikinya di komputer perpustakaan di kampus. Saya mencoba untuk memperbaiki link yang terhapus. Ketika saya mencoba membuat link baru, otomatis link tersebut terhapus, seperti terkena virus saja. Dan akhirnya saya nyerah. Saya sempat berpikir kalau galuhristyanto.web.id ada yang bobol, ke hack atau ke inject atau apalah itu.

Lalu saya mencoba memperbaiki tag dan kategori yang terhapus. Saya waktu itu berencana untuk memberikan tag dan kategori mulai dari awal lagi. Itung-itung sekalian memperbaiki struktur SEO-nya. Setelah saya berpikir cukup lama, akhirnya saya lagi-lagi nyerah dan tidak jadi memperbaiki tag dan kategori yang ada. Kalau waku itu saya memberikan tag dan kategori lagi dari awal, kemungkinan akan berlangsung cukup lama, karena saya harus memberikan tag sekitar 44 artikel.

Kemudian berlanjut ke plugin yang error. Plugin tersebut adalah plugin WordPress Automatic Upgrade. Sebelumnya, plugin ini saya nonaktifkan kemudian saya aktifkan untuk melakukan upgrade WordPress dari versi 2.8.6 ke versi 2.9. Saya lagi-lagi pikir ulang, jika saya upgrade dengan kondisi blog ini yang lagi bermasalah sepertinya bakal percuma. Tidak menyelesaikan masalah. Akhirnya saya urungkan niat untuk upgrade.

Akhirnya saya menyerah terhadap masalah galuhristyanto.web.id yang sedang terjadi.

Beberapa waktu kemudian saya mencoba lagi mencari jalan keluar dari masalah ini. Saya mencoba memperbaiki di warnet (kalau saya perbaiki dengan koneksi sendiri di kost pasti akan susah dengan koneksi yang sedang lemot). Ketika saya membuka login admin, masalah malah bertambah. Menu login jadi error dan ilang, diganti dengan script plugin WordPress Automatic Upgrade yang error. Sehingga saya tidak bisa masuk ke admin galuhristyanto.web.id.

Kemudian saya mencoba untuk mengembalikan backup-an galuhristyanto.web.id yang saya punya melalui cpanel-nya. Saya buka cpanel ternyata juga error, tidak bisa diakses. Saya coba cpanel milik teman yang tempat hostingnya sama dengan milik saya juga tidak bisa diakses.

Saya berasumsi mungkin masalah yang terjadi sama seperti waktu GaluhRistyanto.web.id, “Has Been Suspended”. Asumsi saya, masalah terletak pada server hosting saya yang sedang bermasalah. Kemudian saya coba mengunjungi web server hosting-nya yang terkait, mulai dari yang menggunakan domain .net, .com, dan .org. Ternyata web yang menggunakan domain .org terdapat masalah, terdapat script yang error dan terlihat pada web tersebut. Jadi asumsi saya benar kalau server hostingnya yang sedang bermasalah. Tetapi kenapa cuma galuhristyanto.web.id yang secara nyata terkena dampaknya sedangkan milik teman saya tidak?

Sore sekitar pukul 17.10, saya kembali mencoba mengakses admin galuhristyanto.web.id dengan koneksi internet saya di kost yang menggunakan HP Modem SMART Haier D1200P. Syukur alhamdulillah galuhristyanto.web.id kembali normal. Semua tag, kategori dan link muncul kembali serta script dari plugin yang error tidak muncul lagi.

Pengalaman ini benar-benar membuat saya stress sesaat. Bagaimana tidak, jerih payah saya konsisten terhadap blog ini tiba-tiba ditimpa masalah seperti ini. Saya memaklumi masalah yang timbul dari server hosting yang saya pakai, karena yang mengontrol server hosting tersebut hanya satu orang, berbeda dengan hosting lain yang customer service-nya banyak.

Saya mengambil hikmah dari kejadian ini bahwa jika kita melakukan kegiatan blogging dengan hosting sendiri, kita harus siap menghadapi permasalahan-permasalahan yang mungkin akan terjadi.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.

Posted in: Blogging

One Comment

  1. ibarat makin tinggi pohon makin kenceng anginnya..jd keep semangat bro :)

Leave a Reply