Virtualisasi OS via browser selain Windwows4all.com, yaitu EyeOS.info. EyeOS.info juga memberikan layanan virtualisasi OS (Sistem Operasi) seperti windows4all.com. Jika windows4all.com berbasis OS Windows Vista, eyeOS.info berbasis Linux dalam virtualisasi OS-nya. Dan yang pasti untuk mencobanya, perlu koneksi internet. 

Menurut para pengembangnya, ide dibalik pembuatan eyeOs bukanlah untuk memiliki Sistem Operasi dalam Sistem Operasi atau browser di dalam browser, melainkan memunculkan langkah lain kehidupan era digital. Dengan eyeOS, pengguna dapat bekerja dari mana saja. Tidak peduli dia sedang menggunakan komputer desktop, notebook, atau ponsel sekalipun.

EyeOS merupakan  sistem operasi open source berbasis web. Dibuat dengan gabungan bahasa PHP, XML dan Java Script, sehingga eyeOS menjadi bersifat multiplatform. EyeOS dijalankan dengan menggunakan browser (Mozilla Firefox, Safari, Opera, Internet Explore, Google Chrome, dll). Jadi, dimana ada browser, disitulah eyeOS dapat dijalankan.

EyeOS pertama kali dirilis pada tanggal 1 Agustus 2005 dimulai dengan versi 0.6.0. Lisensi eyeOs sendiri didasarkan pada GNU GPL versi 3 (sejak eyeOS 1.1). Artinya, source code eyeOS bisa diubah dan sistem ini bisa didistribusikan secara bebas.

Referensi: Majalah CHIP 08.2009

Antara windows4all.com dengan eyeOS.info tidak jauh berbeda. Menu-menu yang diberikan tidak jauh berbeda. Tetapi eyeOs.info menyertakan aplikasi perkantoran (Word Processor, Presentations,dll). Untuk browser, eyeOs menggunakan browser Navigator (saya kurang begitu familiar dengan browser ini). Sama seperti browser Internet Explore di windows4all.com, browser Navigator-nya eyeOS.info juga berjalan dengan baik. Selain itu, proses eksekusi di eyeOS lebih lama daripada windows4all. Windows4all menggunakan Microsoft Silverlight untuk meload semua sistemnya sehingga setelah semua sistem tersimpan, dalam proses eksekusi jadi lebih ringan, bahkan setelah tidak terkoneksi internet pun windows4all masih bisa digunakan dengan baik. Tapi sayang, ketika saya ingin menjalankan file image atau video di eyeOS, saya harus mengupload file tersebut terlebih dahulu. Berbeda dengan windows4all yang bisa langsung menjalankan file dari komputer kita (harddisk lokal).

Untuk mencoba mencicipi eyeOS, Anda bisa akses di .

Untuk pertama kali nantinya Anda diharuskan membuat account terlebih dahulu. Setelah itu Anda login. Lalu Anda sudah bisa menggunakan eyeOS. Anda diberikan kuota space harddisk 10 MB.

Dalam eyeOS terdapat menu untuk menginstal program, akan tetapi jika Anda ingin menggunakan feature ini Anda diharuskan untuk menginstal eyeOS ke dalam komputer Anda (harddisk lokal).

Beberapa screenshot hasil coba-coba saya dalam menggunakan eyeOS:

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".