Kemarin pagi sekitar pukul 10.00 WIB, pak POS datang. Pak POS mengantar kiriman orderan Open Solaris 2009.06 yang sudah sebulan lebih saya order ke Sun Microsystem. CD Open Solarisnya dibungkus dalam amplop tebal. Saya buka isinya cuma CD Open Solaris, saya kira ada tambahan apa gitu (misalnya cek $10,000 hehehe). Ini pengalaman pertama dapat CD Open Solaris yang asli langsung dari Sun Microsystem. Tapi ini bukan pengalaman pertama saya order CD Software asli dari luar negeri. Saya sudah lumayan sering mengorder CD Ubuntu langsung dari pusatnya. Biasanya saya order sekitar 40-60 CD Ubuntu, Kubuntu, dan Ubuntu Server. Bisa dikatakan saya sepertinya jadi agen distributor CD Ubuntu :) , belum muncul versi Ubuntu yang baru teman-teman dah pada pesen.

Open Solaris 2009.06

Waktu menerima ini CD kemarin, saya kira saya harus membayar sejumlah uang untuk menebus CD orderan saya, sebab di amplopnya tertera value $3.00, ternyata pak POS tidak menarik biaya sepeser pun, jadi CD Open Solaris benar-benar FREE. Kalau orderan CD Ubuntu, diminta membayar biaya bungkus ulang bea cukai sekitar Rp 7,000.

Ada yang berbeda antara order CD Open Solaris dengan Ubuntu. Saya cuma bisa order 1 CD Open Solaris, sedangkan Ubuntu bisa order banyak. Selain itu beberapa waktu lalu saya sampai ditelpon oleh Sun Microsystem, bahkan sampai 5x. Saya belum begitu mengerti  maksud dari Sun Microsystem sampai menelpon saya. Saya berasumsi mungkin untuk melengkapi data orderanku, Mr. Holward (pihak dari Sun Microsystem – kalau tidak salah dengar) menanyakan beberapa pertanyaan (alamat rumah, kampus, alamat kampus, bidang yang saya geluti, sampai ditanya apakah saya expert My-SQl). Saya bahkan pernah menyangka kalau saya memenangkan suatu hadiah dari Sun Microsystem yang hadiahnya berkunjung langsung ke Sun Microsystem  :D

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • galihakmal

    Wah Mantaaaaaaap!!