Blogger LogoLayanan penyedia blog gratis dengan domain blogspot.com belakangan ini sebagian besar domain blogspot.com tidak bisa diakses (meskipun begitu masih ada yang bisa diakses). Hal ini berawal dari surat Depkominfo yang berisi himbauan untuk memblokir situs penghina Nabi yang memang berada di bawah layanan blogspot.com. Dari surat perintah ini ternyata terjadi miskomunikasi terhadap penyelenggara jasa internet (ISP). 

Sejumlah ISP ternyata mengartikan lain dari surat perintah tersebut. Sejumlah ISP tak hanya memblokir blog dengan topik yang berhubungan dengan penghinaan Nabi di blogspot.com tetapi juga memblokir DNS-nya. Akibatnya banyak domain blogspot.com tidak bisa diakses, termasuk salah satunya blog baru saya di blogspot.com tidak bisa diakses belakangan ini, meskipun begitu masih bisa diakses tetapi jarang sekali bisa.

Menurut penuturan Bapak Blogger Indonesia, Enda Nasution, melalui account Twitter beliau, pada pukul 14.14 PM, layanan blogspot tidak bisa diakses melalui beberapa ISP seperti Fastnet, CBN, Smart Telecom, dan Mobi (Mobile-8).

Bisa disimpulkan, tidak semua domain blogspot.com tidak bisa diakses, tegantung dari ISP tertentu. Semoga kedepannya, masalah ini cepat terselesaikan.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • faridl

    ISPne kon bc lagi,kshan tuh para blogger, jgn sampe ISP timexlindo jg mblokir,g bs kmplin tgas pak yanto ni..