Etika berkomputerAda 10 etika dasar berkomputer yang sebenarnya harus dipegang teguh oleh pemakai komputer. Akan tetapi, sepertinya etika itu banyak yang tidak dihiraukan (termasuk saya) dan hanya menjadi sebuah etika tertulis saja yang dilanggar oleh banyak orang. 10 etika berkomputer tersebut diantaranya: 

1. Tidak menggunakan komputer untuk menekan orang

Maksudnya (mungkin), komputer digunakan oleh hacker untuk masuk ke sistem komputer orang lain dan kemudian mengancam orang tersebut dengan berbagai cara. Hal ini dilarang.

2. Tidak mengintervensi komputer untuk menekan orang

3. Tidak merekam file komputer orang lain

Tidak mengcopy file komputer orang lain tanpa seijin pemilik file.

4. Tidak menggunakan komputer untuk pencurian

Komputer digunakan oleh cracker untuk mencuri data kartu kredit seseorang untuk kemudian digunakan secara ilegal untuk membeli suatu produk lewat internet dengan kartu kredit tersebut. Hal ini dilarang.

5. Tidak menggunakan komputer untuk keinginan yang salah

6. Tidak mengkopi program komputer yang menjadi milik orang lain tanpa membayarnya

Seseorang menggunakan suatu program (software) tanpa license yang legal atau bisa dikatakan membajak program (software). Hal ini yang sepertinya marak dikalangan kita. Tidak perlu jauh-jauh memberi contoh. Jika Anda menggunakan Sistem Operasi Windows (XP, Vista, 7), sudah legalkah Sistem Operasi Windows Anda? Sebagian besar pasti membajak (iya kan?).

Hal ini dilarang (akan tetapi hal ini menjadi pertanyaan, apakah hal ini sudah tidak kita lakukan? –> jawabannya dominan masih).

7. Tidak menggunakan komputer orang lain tanpa mendapatkan otorisasinya

Kita menggunakan komputer orang lain tanpa ijin dari pemilik komputer. Atau bisa juga hak akses kita ke komputer. Hal ini dilarang. Orang lain hanya dibatasi sebagai Guest saja, lalu kita mencari cara untuk membuat hak akses kita menjadi Administrator tanpa sepengetahuan pemilik.

8. Tidak mencetak intelektual milik orang

9. Berpikir dari akibat sosial dari program yang kita desain dan tulis

10. Menggunakan komputer untuk kepentingan yang baik bagi manusia

Penggunaan komputer diharapkan berguna dan dapat membantu orang lain menyelesaikan suatu permasalahan yang sekiranya mampu diselesaikan dengan bantuan komputer.

Sekedar informasi, 10 etika dasar berkomputer di atas saya dapatkan dari modul mata kuliah Analisis Desain Sistem Informasi (ANSI) untuk kemudian beberapa etika tersebut saya uraikan berdasarkan pendapat saya. Kurang lebihnya, saya mohon maaf.

Lain sumber, lain juga isinya. Dari sumber cyber world ethics (“The Ten Commandment of Computer Ethics”), ada 10 etika berkomputer yang sedikit berbeda dengan 10 etika berkomputer di atas. Sebenarnya etika berkomputer bukan hanya dituliskan dalam 10 point saja, akan tetapi banyak. Bahkan setiap dunia cyber atau komputer semakin berkembang, ada kemungkinan etika-etika dalam berkomputer semakin bertambah. Dari 10 etika berkomputer di atas, sebenarnya intinya sama dengan 10 etika berkomputer versi lainnya.

Berikut 10 etika berkomputer dari cyber world ethics (“The Ten Commandment of Computer Ethics”) :

  1. Jangan menggunakan komputer untuk merugikan orang lain
  2. Jangan melanggar atau mengganggu hak atau karya komputer orang lain
  3. Jangan memata-matai file-file yang bukan haknya
  4. Jangan menggunakan komputer untuk mencuri
  5. Jangan menggunakan komputer untuk memberikan kesaksian palsu
  6. Jangan menduplikasi atau menggunakan software tanpa membayar
  7. Jangan menggunakan sumberdaya komputer orang lain tanpa sepengetahuan yang bersangkutan
  8. Jangan mencuri kekayaan intelektual orang lain
  9. Pertimbangkan konsekuensi dari program yang dibuat atau sistem komputer yang dirancang
  10. Selalu mempertimbangkan dan menaruh respek terhadap sesama saat menggunakan komputer
    (sumber : beritanet)

Sarjana kedokteran disumpah untuk mematuhi etika-etika dalam bidang kedokteran, akankah sarjana komputer juga perlu disumpah untuk etika-etika dalam menggunakan komputer? Mengingat, pengguna komputer adalah semua lapisan masyarakat, saya rasa tak perlu ada sumpah untuk mematuhi etika-etika berkomputer. Kita sebagai pengguna komputer lah yang harusnya menyadari untuk mematuhi etika-etika berkomputer.

Semoga artikel 10 Etika Berkomputer ini bermanfaat.

Written by Jaole

Panggil saja "jaole".

  • faridl

    jiah..itu dr pak ansi?tuh lbh baik utk sumpah sarjana komputer,cz dokter aj d sumpah……